Veideo interview dengan Bpk Korneslis Ndapakang – Lestarikan Kain Tenun Warna Alam

Veideo interview dengan Bpk Korneslis Ndapakang – Lestarikan Kain Tenun Warna Alam

Mari Melestarikan Wastra Indonesia Dengan Memakai Pewarna Alami

Banyak WORKSHOP bertumbuhan dinusantara saat ini mencoba menyuluh dan mengajari pencinta kain nusantara agar mewarnai benang atau kain yang mereka produksi dengan pewarna alam. Upaya ini sangat keren dan kalau yang disuluh sudah pintar bikin pewarna alam, lantas bahan-bahan perwarna alam itu sendiri bisa didapatkan dari mana dalam jumlah yang memadai?

Hebohnya, saking warna indigo dan morinda itu sangat populer saat ini, banyak orang-orang yang tidak jujur mengaku kain2 berwarna biru itu dari warna alam indigo, dan yang merah tua itu dari warna alam mengkudu, apakah semua produser kain tradisional ini jujur? Cobalah simak obrolan kami dengan bapak Kornelis Ndapakamang, seorang seniman tenun Sumba Pahikung, dari Lambanapu, Sumba Timur, hang konsisten memproduksi kain tenun Sumba Timur dengan memakai pewarna alam.

Saat ini, menurut pandangan kami, kalau kita ingin bekerja keras untuk melestarikan kain tradisional Indonesia dengan pewarna alam, ada baiknya kita memulai penyuluhan agar para seniman wastra Indonesia itu sendiri bisa membudidayakan dulu bahan-bahan dari pewarna alam itu di kebun masing-masing.

Mungkin DEKRANAS/DEKRANASDA bisa memberikan peyuluhan dasar dulu, bagaimana cara bertanam dari tanaman pewarna alam itu sendiri, dan aksi penyuluhan selanjutnya akan lebih mudah diterapkan kalau yang disuluh sudah paham dengan bahan-bahan yang dibutuhkan dan bagaimana untuk mendapatkanya secara konsisten ke depan.

Semoga Indonesia menyadari, alangkah suburnya Tanah kita di Nusantara, tidak ada yang mustahil kiranya pewarnaan kain tradisional kita di teruskan dengan memakai warna alam, yang ramah lingkungan, dan limbahnya juga ramah lingkungan dan kesehatan orang yant terlibat mengolahnya.
Didaerah-daerah, penggunaan warna chemical (synthetic) masih dilakukan tanpa memikirkan kesehatan sipemakai dan juga kesehatan lingkungan.

Salam Wastra.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *