Kenali handehande Toba dan lestarikan keragaman budaya tenun nusantara

Kenali handehande Toba dan lestarikan keragaman budaya tenun nusantara

Banyak diantara kita yang sudah mengenal Ulos Batak, namun mungkin belum banyak diantara kita yang paham dengan nama-nama dari ulos yang dipakai sehari-harinya sebagai pakain. Pada Zaman dahulu, ketika hampir semua pakaian dari orang Batak itu dibuat dari ulos yang ditenun di Tanah Batak, maka nama-nama dari ulos yang dipake sehari-hari itu berbeda-beda. Ulos kalau digunakan laki-laki berbeda nama dengan ulos kalau digunakan perempuan. Ulos yang disampirkan dibahu oleh laki-laki, disebut “hande-hande”, dan ulos yang dipake melilit kepala disebut “tali-tali” (alias pengikat).

Hande-hande, disebut “shoulder cloth” dalam Bahasa Inggris, di era sekarang dipakai laki-laki yang berasal dari daerah tenun sebagai symbol yang merepresentasikan identitas kesukuan mereka.
Dalam video ini kami juga ingin berbagai keragaman budaya music Indonesia. Disini kami perkenalkan alat music tradisional Batak yang disebut Hasapi, keroncong kecil hanya menggunakan 2 tali (string), dan Sulim (seruling bambu). Simaklah videonya dibawah.

 

 

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *