== Edisi 2 == MENGEMBANGKAN KUALITAS/PRODUKTIVITAS TENUN/BATIK PEWARNA ALAM DENGAN SISTEM KOLABORASI ANTARA PENGUSAHA

== Edisi 2 == MENGEMBANGKAN KUALITAS/PRODUKTIVITAS TENUN/BATIK PEWARNA ALAM DENGAN SISTEM KOLABORASI ANTARA PENGUSAHA

Saat ini kami sedang kampanye dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pencinta kain tradisional Indonesia, akan pentingnya mutu dan kwalitas kain nusantara yang terbuat dari bahan natural seperti kapas dan sutra dan dengan process pewarnaan secara alami.

Sekalipun akhir-akhir ini cara melakukan process perwarna alami tersebut sangat popular, dan banyak training dan workshop yang menjamur dalam beberapa tahun terakhir ini, baik oleh instansi pemerintah, maupun oleh badan-badan individu, namun kesuksesan dari system pewarnaan secara alami belum bisa dibanggakan. Salah satu kendala dimana para artisan/produser/designer belum bisa menerapkan system pewarna ala mini dengan seksama adalah, susahnya untuk mendapatkan bahan pewarna alami dan bagaimana mendapatkan training yang besifat subsidi.

Wastra Indonesia, Indonesian Traditional textile, secara bertahap, akan berbagi informasi mengenai pengusaha yang mungkin bisa diajak berkolaborasi oleh produser kain traditional (artisan/designer) untuk bisa mencoba mengadopsi system pewarnaan kain dengan pewarna alam.

Dalam edisi ini, kami memperkenalkan Bapak Saiful Nurudin dan mba Ani Rikhatus Sholikah, dari Tinctori Natural Dye. Mas Saiful telah berhasil memproduksi pasta pewarna alam indigo (nila), yang bisa didapatkan/dipesan melalui pos. Tinctori Natural Dye, juga menjual bahan-bahan pewarna alam lainya, seperti kulit buah Jelawe, kulit mahoni, kayu tegeran, dan lai-lain. Semua bahan2 tersebut bisa juga dipesan dalam bentuk kiloan dan dapat dikirman melalui pos.

Disamping menjual bahan-bahan pewarna alam, pak Saiful dan team di Tinctori juga menawarkan jasa untuk mencelup benang, batik atau bahan lainya, dengan menggunakan bahan pewarna alam, dan hal ini mungkin sangat berguna untuk artisan/designer yang ingin menjajaki process ini, kalau belum mampu melakukan sendiri.

Untuk teman-teman yang saat ini ingin menjajahi pemakaian warna alam dan berkolaborasi dengan Tinctori, mereka dapat di hubungi dengan HP/WA:

Bapak Saiful di nomor: +62 (0) 8132 7138 835
Ibu Ani di nomor: +62 (0) 812-2647-4574
Lokasi: Dusun Jlamprang wetan Rt 03/06 Gemawang,jambu, Kab Semarang (7,634.26 mi)
Semarang, Indonesia 50663
Facebook page: https://www.facebook.com/tinctori

Selamat berkolaborasi, dan semoga Bersama kita akan lebih mampu menciptakan kain tradisional Indonesia yang lebih berkwalitas tiggi dan bisa menjadi leather di pasar Internasional.

Salam Wastra
www.wastraindonesia.org

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *