MENGAPA INFORMASI KAIN ITU HARUS TERLIHAT SEPERTI RAHASIA PEDAGANG?

MENGAPA INFORMASI KAIN ITU HARUS TERLIHAT SEPERTI RAHASIA PEDAGANG?
Tentunya sudah tak asing lagi, buat penduduk Facebook seperti kami dan tentunya anda yang saat ini sedang membaca postingan ini, bahwa akhir-akhir ini kain traditional Indonesia ini semakin digemari dan penjualnyapun berjamuran diseluruh penjuru nusantara dan dunia, terutama penjual yang beroperasi di Facebook, Instagram dan Whatsapp.
Sekarang memilih kain kegemaran kita itu sudah tidak ada masalah lagi, bisa browsing saja di Facebook teman-teman yang begitu rajin memosting gambar2 yang luar biasa cantiknya. Kadang-kadang ada yang berhasil memosting lebih dari seratus gambar sehari, namun tak satu kain pun dengan informasi, sehingga pembeli (yang mestinya jadi raja, semestinya harus dikejar sama penjual), namun harus beraksi terbalik, harus mengejar penjual untuk mendapatkan informasi mengenai kain2 yang diposting.
Terus terang, kami akui, sudah banyak penjual yang sudah keren, dan mahir dan sudah paham bagaimana menggaet hati si pembeli, namun sebagian besar yang memosting gambar, kalau diminta info barang, pembeli harus meberi umpan dulu sedikit demi sedikit, sehingga pembeli serius sering serasa kesal dan malas belanja. Bahkan ada yang setelah di kontak pake inbox atau WA, sama sekali tidak dapat jawaban ber hari-hari.
Lebih hebohlagi, ketika sudah di inbox, pertanyaan mengenai kain-kain yang begitu kita senangi, tidak terjawab sama sekali, namun kita diserang dengan gambar-gambar kain baru yang tidak pernah kita lihat sebelumnya, tanpa ada kata-kata, atau perkenalan, atau pembukaan kalimat.
Dilema ini tentunya kita alami juga dengan system jualan di Whatsapp, dan Instagram. Ini sebuah pengalaman yang sangat mengecewakan yang kami alami. Suatu saat bertemu dengan pedangang online di Facebook dengan postingan kain yang begitu meyakinkan, dan banyak yang menyentuh hati. Dari Facebook, akhirnya berpindah komunikasi di WA, karena itu lebih mudah dari Facebook. Namun, cerita yang sama terjadi, dimana ratusan gambar terkirim tanpa informasi. Ketika ditanya berapa harganya, kadang-kadang dengan mudah mereka menjawab, harga kain yang kita tanya, namun ketika ditanya: Ukuran berapa? Bahanya apa? Pewarnaanya alam atau sintetis? Asal tenunya dari mana? Banyak komunkasi tiba-tiba terhenti hingga disitu. Yang lebih menyedihkan lagi, saking banyaknya gambar yang terkirim, kita menanyakan harga kain yang sama, tapi si penjual sudah lupa kalau kita sudah diberi harga sebelumnya, akan memberi informasi harga yang berbeda dari harga yang sudah kita terima sebelumnya.
Ok, bisa dimaklumi kalua mau rahasia harga, karena banyak penjual itu hanya re-seller, dan perlu merahasiakan harga mereka dari competitor atau dari supplier (alias penenun itu sendiri), namun apa salahnya kalau kain itu diberikan informasi semaksimal mungkin, sehingga pembeli akan merasanya nyaman dan tidak harus membuang-buang waktu untuk menanyakan informasi kain yang tidak sebenarnya mereka perlu lakukan. PEMBELI ITU ADALAH RAJA!! Cobalah gaet hati mereka, berikan mereka informasi kain yang akurat, jujur dan mudah di cerna.
INFORMASI BASIC YANG BEGITU MUDAH KETIKA POSTING SEBUAH KAIN:
– Nama tenun/batik (kalau ada), biasanya kan selalu ada
– Asal kain (Sumba atau Flores atau Batak atau Sawu, atu Solo)
– Ukuran kain (berapa panjangnya x berapa lebarnya)
– Bahan (apakah kain itu dari katun, syntetis, rayon, sutra dan lain-lainya)
– Pewarna (apakah kain itu diwarnai warna alam atau sysntetis – ayo yang jujur)
– Lawas atau baru?
– Kainya tebal atau tipis (pada dasarnya tenun2 buatan tangan itu agak tebal namun benang rayon biasanya lebih tipis dan agak goyang dan tidak kaku seperti katun)
– Harga (kalau bisa dipaparkan kenapa ngga dipaparkan).
– System pengiriman (pake apa dan apakah harga sudah termasuk ongkos kirim, berapa lama kira-kira?).
Nah, template info kain diatasi bisa dibuat dalam tulisan tangan, terus di photo, dari pada modar ketik. Toh pembeli hanya butuh informasi yang mudah dicerna.
Ok deh, selamat berjualan, cobalah berikan pembeli pengalaman yang menyenangkan belanja di toko anda. SUKSES DAN JUJURLAH SELALU.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *